Ketahanan vs Keberlanjutan,tentang masa depan perpustakaan

oleh Glenn R Carter di Flickr

Status Quo Baru

Di dalam dan di luar perpustakaan, semua orang adalah gelisah tentang perubahan. Kami menggunakan istilah seperti "perubahan yang mengganggu" dan "tipping point" untuk berbicara tentang ketakutan bahwa kita bepergian ke dunia di mana kita tidak dapat terus melakukan apa yang selalu kita lakukan. Beberapa orang berpikir kita sudah melewati titik itu, dan bahwa strategi lama kita untuk navigasi perubahan tidak bekerja untuk kami lagi. Bukan melihat ke belakang, mereka mengatakan, kita harus melihat sekeliling. Dunia macam apa kita hidup di hari ini? Bagaimana perpustakaan masuk ke dalamnya sekarang, dan di masa depan?
Berikut adalah eksperimen pemikiran: membaca bagian berikut. Kemudian bertanya pada diri sendiri: seberapa baik apakah analogi berlaku untuk dunia perpustakaan?
Bayangkan Anda berada di sebuah perahu berlabuh di pelabuhan yang tenang dan Anda ingin cepat membawa secangkir tepi-penuh air di kabin tanpa tumpah. Sekarang bayangkan situasi yang sama tetapi dengan perahu di laut kasar. Di pelabuhan, solusinya adalah sederhana: hanya berjalan cepat, namun tidak begitu cepat sehingga tumpahan air. Di laut, kecepatan adalah perhatian sekunder, sekarang tantangan sebenarnya adalah untuk menjaga keseimbangan pada lantai tiba-tiba melempar. Solusinya sekarang adalah menemukan pegangan aman dan pijakan dan untuk melenturkan lutut untuk menyerap gulungan perahu. Di pelabuhan, solusinya adalah masalah optimasi sederhana (berjalan secepat mungkin tapi tidak terlalu cepat); di laut solusi mengharuskan Anda untuk meningkatkan kemampuan Anda untuk menyerap gangguan-yaitu, meningkatkan ketahanan Anda terhadap gelombang (Reid, W. di Walker & Salt, 2006, hal x).
Aku langsung berpikir tentang perpustakaan ketika saya membaca bagian ini, yang ditulis untuk menggambarkan konsep ketahanan ekologis. Ketahanan ekologis merupakan sebuah teori keberlanjutan dikembangkan sebagian untuk menggambarkan dan mengatasi ketidakpastian yang melekat dan ketidakamanan perubahan sistem utama. Apa artinya? Secara singkat menaruh, ketahanan mengakui bahwa kita hidup dalam keadaan perubahan yang konstan, dalam sistem yang lebih besar, lebih kompleks, dan lebih saling terkait dari yang kita tahu. Ketika kita mencoba untuk mengontrol perubahan di salah satu bagian dari sistem-untuk mengoptimalkan itu untuk saat ini kita membutuhkan-kita sering membuat efek yang kita tidak bisa memprediksi.
Ketahanan Sebuah sistem adalah "... kapasitas untuk mengasimilasi gangguan tanpa melewati ambang ke alternatif dan mungkin kurang 'bersahabat' tahap stabil" nya (Rees, 2010, hal 32). Dalam istilah ekologi, kita punya deretan depan kursi ke salah satu, bagian terbesar yang paling jauh jangkauannya dari teater ketahanan dari semua: perubahan iklim. Anda tidak harus melihat jauh untuk menemukan bukti betapa menyapu dan tak terduga dampak perubahan iklim sudah ada. Dalam sepotong op-ed dalam The New York Times pada bulan Februari tahun ini, Paul Krugman menarik hubungan antara cuaca yang semakin parah dan kerusuhan politik global, melalui link kerawanan pangan. Baru-baru ini, Times menunjukkan bahwa kekeringan di Amerika Selatan tidak membunuh tanaman saja, tetapi juga memaksa peternak untuk menjual saham mereka, menyebabkan fluktuasi dalam harga daging sapi. Bahkan lebih tak terduga, kekeringan yang berkepanjangan telah membunuh kekuatan di kota-kota di mana deposito kimia membangun pada menara listrik (2011).
Climatologically, sepertinya kita bisa masuk ke dunia dengan tingkat baru volatilitas dan ketidakpastian, di mana model kesinambungan status quo tidak akan membantu. Mayor peristiwa cuaca yang menimpa pada kita secara finansial, sosial, politik, dan dengan cara lain bahwa kita tidak dapat meramalkan-karena mereka adalah bagian dari sistem global begitu besar dan kompleks bahwa itu praktis tidak terlihat oleh kita.
Teori Ketahanan memberitahu kita ide-ide tradisional dari keberlanjutan (mengurangi jejak karbon kita, daur ulang, mengembalikan habitat) tidak akan membeli kita masa depan, stabil dikelola. Sebaliknya, kita perlu merangkul realitas terus menerus, mengubah masa depan tidak terduga, dan mencari cara kita dapat beradaptasi untuk bertahan hidup perubahan ireversibel yang telah kami lakukan.
Dan apa semua ini harus dilakukan dengan perpustakaan, lagi?
Nah, selain dari kenyataan bahwa perpustakaan adalah bagian kecil dari keseluruhan yang lebih besar yang dipengaruhi oleh pemadaman listrik, banjir, dan tornado, mereka juga bagian dari beberapa besar lainnya, sistem yang kompleks. Sistem ini-penerbitan, akademisi, hukum kekayaan intelektual, teknologi, ekonomi-sedang mengalami perubahan besar yang mempengaruhi perpustakaan di kompleks, kadang-kadang cara-cara tak terduga.
Tidak ada titik di masa depan di mana kita dapat berharap untuk menyelesaikan hal-hal yang menjadi negara, statis yang optimal. Teori Ketahanan menasihati kita untuk tidak memfokuskan energi kami pada menciptakan cara-cara untuk melanjutkan "bisnis seperti biasa" ke masa depan yang tidak pasti. Sebaliknya, hal itu mendorong kita untuk mengakui cara-cara dunia berani baru kami telah berubah tidak dapat dibatalkan, dan mulai mencari cara untuk beradaptasi dengan perubahan tersebut.

Mengubah Dunia Perpustakaan

Berkat pemotongan anggaran, perubahan demografi, format cetak terbukti bermigrasi ke digital yang belum teruji, media utama industri mencari panik untuk aliran pendapatan baru, resesi-belur langkah obligasi dan tantangan untuk pemanfaatan yang adil dan hak pembelian pertama, masa depan perpustakaan abad ke-21 adalah apapun tapi stabil dan dikelola. Kami mulai menerima bahwa kita tidak akan kembali ke dunia cetak-based atau sebuah dunia di mana kita dapat mengandalkan murah hati kontribusi anggaran tahunan dari kampus kami dan legislatif negara. Kami mulai untuk merangkul layanan mobile bagi pengguna yang tidak pernah mengunjungi kami secara pribadi dan kami mengambil tanggung jawab lebih untuk teknologi instruksional, bimbingan hak cipta, dan penerbitan ilmiah.
Sebagai sebuah profesi, kita tahu bahwa kita hidup di dunia baru [1] , dan bahwa perubahan lebih banyak di cakrawala. Tetapi ketahanan tidak hanya mengakui keniscayaan perubahan dan ketidakpastian sistem yang besar. Ini tentang beradaptasi cerdas terhadap perubahan-perubahan, dalam rangka untuk berkembang dalam dunia yang terus berubah. Itu di mana hal-hal yang benar-benar rumit-dan di mana kita bisa melihat ke prinsip-prinsip ketahanan ekologis untuk nasihat.

Karakteristik Perpustakaan Resilient

Karakteristik berikut ini diadaptasi dari Walker dan Ketahanan Berpikir Garam itu. Mereka menggambarkan kualitas kunci tangguh sistem sosial-ekologis: karena ekologi tidak ada yang terpisah dari komponen manusia, kita tidak dapat mengatur mengesampingkan pertimbangan budaya dan ekonomi ketika kita berpikir tentang ekologi. Beberapa saran ini sejalan dengan apa yang kita sudah lakukan di perpustakaan, dan beberapa terbang dalam menghadapi perencanaan strategis konvensional untuk perubahan.
Menurut Walker dan Garam, dunia tangguh (dan dengan perpanjangan, perpustakaan) akan mempertimbangkan berbagai kualitas, diuraikan di bawah ini.
Keanekaragaman. Keragaman ekologi meningkatkan ketahanan karena membuat sistem yang kurang rentan terhadap ancaman tertentu. Jika satu spesies mati keluar, yang lain pindah ke kesenjangan. Di perpustakaan, keanekaragaman mungkin berarti bahwa kita menawarkan berbagai layanan dan sumber daya untuk pengguna-sehingga kita bahwa jika ada kebutuhan pengguna tertentu menghilang, kami beralih ke orang lain mengisi [2] . Satu contoh klasik: sebagai lalu lintas berkurang di-orang di meja referensi, perpustakaan banyak yang beralih ke memberikan referensi chatting atau mobile, dimana interaksi meningkat.
Budidaya keragaman mungkin berarti bahwa kita berinvestasi dalam yang unik, koleksi tunggal bukan "tanaman tunggal" dari koleksi inti. Melakukan hal itu akan menegaskan peran, profesional spesialis pustakawan sebagai pengembang koleksi, akrab tidak hanya dengan korpus utama lapangan, tetapi juga dengan bahan yang langka, esoteris, dan singkat. Jika kita menggabungkan komitmen untuk koleksi beragam dengan memperhatikan secara seksama apa yang pengguna kita perlu paling, kita berdiri untuk membuat kaya, koleksi khas yang mencerminkan karakter kita kelembagaan dan masyarakat, sekarang dan untuk anak cucu.
Variabilitas. Seperti Walker dan titik Garam keluar, "[i] n dan dari dirinya sendiri, perubahan tidak buruk dan tidak baik"; satunya kepastian adalah perubahan yang selalu akan bersama kita "(hal. 10). Mencoba untuk membekukan suatu ekosistem atau institusi di sebuah titik keuntungan maksimum biasanya menciptakan masalah yang tak terduga di jalan. Sebuah perpustakaan tangguh akan bersedia untuk bereksperimen sering dan memungkinkan kegagalan terjadi sebagai bagian alami dari kehidupan. Jika setidaknya beberapa karakteristik lain dari ketahanan berada di tempat, tidak ada perubahan individu, kerusakan, atau kerugian harus cukup untuk membawa sistem ke bawah.
Resilient pustakawan menerima baik yang naik turunnya siklus hidup institusional. Kita mungkin tidak nyaman dengan gagasan bahwa kita atau lembaga kita akan melalui masa yang tipis, tapi kita harus mengakui bahwa tidak ada yang di atas sepanjang waktu. Pengakuan yang dapat membantu kita menjaga kepala kita selama masa kemunduran, dan mencari peluang di mana orang lain dapat melihat ancaman.
Membangun toleransi untuk variabilitas tidak berarti menerima penurunan terus-menerus, dan itu tidak berarti apatis dilembagakan. Ini berarti mengambil pandangan lama, mengingat nilai-nilai inti kami, dan tidak panik ketika kali mendapatkan kasar.
Modularitas. Ekologis, sistem ini modular jika ada cukup kompartementalisasi di dalamnya untuk memungkinkan bagian dari sistem untuk mengubah atau runtuh tanpa mengambil seluruh hal bawah. Dalam ekosistem, modularitas melengkapi keragaman-baik memperkuat sistem secara keseluruhan dengan menyediakan poin rem alami untuk kerusakan atau penyakit.
Perpustakaan biasanya organisasi yang kompleks terdiri dari banyak unit yang saling berhubungan. Apa yang terjadi ketika salah satu dari unit-unit telah secara substansial memperlengkapi kembali atau pensiun? Berapa banyak unit lainnya akan terpengaruh oleh kejatuhan-dengan mengambil beban kerja tambahan, yang diperlambat oleh kemacetan, harus kembali kehilangan keahlian dan pengetahuan kelembagaan, dll?
Kadang-kadang jawaban atas pertanyaan ini turun ke nomor staf belaka. Perpustakaan dengan staf yang lebih kecil tentu lebih erat saling berhubungan dibandingkan dengan staf yang lebih besar. Dalam kecil staf perpustakaan, orang sering harus memakai lebih dari satu topi dan saling mendukung di seluruh unit. Jika tidak ada cara yang baik untuk membuat perpustakaan lebih modular, solusi terbaik berikutnya mungkin untuk mengenali kerentanan dan bekerja untuk memperkuat lembaga di daerah lain.
Idealnya, perpustakaan tangguh terdiri dari kelompok kerja yang sangat terkait dengan node pusat tetapi longgar terhubung satu sama lain-sehingga secara radikal, misalnya, komunikasi yang baik di seluruh institusi, tetapi bekerja dapat melanjutkan jika unit turun atau perubahan .
Pengakuan variabel lambat. Ekologis, beberapa perubahan terjadi selama periode waktu yang panjang dan mungkin tidak terlihat oleh kita sampai mereka mencapai atau melewati tipping point seperti es kutub mencair. Ekonomis, kita memiliki kecenderungan untuk mengabaikan fakta ini dan untuk berkonsentrasi pada segera dan jangka pendek. Tak perlu dikatakan, ini dapat memiliki konsekuensi bencana.
Seperti sebuah ekosistem, perpustakaan dikenakan variabel lambat. Kita semua melihat perubahan dalam demografi pengguna kami, pergeseran arah dalam lembaga orangtua kita, bukit dan lembah dalam anggaran kami. Banyak keputusan yang kita ambil dalam menanggapi faktor-faktor ini, di mana kita mungkin memiliki kontrol sedikit atau tidak ada. Tapi ketahanan tidak memerlukan kita untuk mengendalikan perubahan-perubahan seperti ini, melainkan meminta kita untuk mengakui mereka.
Pelacakan dan mendokumentasikan tren jangka panjang membuat mereka konkret untuk kami dan pengguna kami dan penyandang dana. Hal ini meningkatkan kemampuan kami untuk mengatasi mereka dan belajar dari mereka, untuk memprediksi perubahan masa depan. Kita mungkin tidak dapat melakukan banyak tentang resesi ekonomi jangka panjang, tetapi itu tidak berarti kita harus mengabaikannya. Jika kita mengakui, perubahan panjang dan lambat di lingkungan kita, kita dapat belajar untuk menceritakan kisah yang produktif tentang mereka kepada diri kita sendiri dan mitra kami.
Masukan ketat. Ekologis, masukan ketat memberikan tanggapan langsung terhadap perubahan dalam sistem. Masukan ketat adalah kebalikan dari variabel panjang. Mereka berarti bahwa efek sangat erat terkait dengan penyebab, dan batas yang jelas. Jadi, misalnya, hujan lebat dapat menyebabkan banjir hilir. Banjir yang terjadi segera, bukan tahun setelah curah hujan. Hal ini sangat berbeda dari contoh pencairan es di kutub, di atas-atau dari, katakanlah, efek kumulatif dari tahun hujan asam pada hutan.
Tangguh akan membangun perpustakaan sebagai mekanisme umpan balik yang ketat banyak mungkin. Orang-orang yang membuat keputusan perlu untuk mendapatkan umpan balik pada hasil keputusan mereka segera. Jika siswa di lengan tentang perubahan dalam jam perpustakaan, informasi yang tidak dapat mengumpulkan debu dan tidak dapat diabaikan. Jika pemotongan koleksi membunuh kemampuan akademik departemen perekrutan, informasi yang perlu untuk mendapatkan dengan cepat ke orang yang tepat. Jika moral unit adalah rendah, atau tidak memiliki arah atau sumber daya, harus ada cara untuk itu informasi untuk sampai ke orang yang tepat cepat daripada nanti.
Dalam hal ini, perpustakaan lebih besar mungkin mengalami kerugian, karena ukuran tipis struktur administrasi mereka. Organisasi yang lebih besar sering membutuhkan tingkat lebih vertikal manajemen, dan hubungan antara unit kerja dan administrator mungkin lebih kompleks dan saling terkait.
Untuk mengatasi ini, perpustakaan dengan staf besar mungkin membangun beberapa cara untuk umpan balik (termasuk umpan balik anonim) untuk mencapai orang yang tepat. Pemimpin mungkin mengambil tanggung jawab untuk membuat diri mereka dapat diakses, dan untuk menginformasikan diri mereka sendiri dengan berjalan di lorong, mengambil staf lain keluar untuk minum kopi, mengundang siswa untuk melayani pada kelompok penasihat, atau bekerja di meja pelayanan publik sekali-sekali. Henry V menyamar dirinya untuk berjalan di antara prajurit sebelum pertempuran di Agincourt. Perpustakaan pemimpin yang ingin membuat organisasi ulet bisa mengambil catatan dari buku nya.
Modal sosial. Sistem ekologi tidak berdiri sendiri: mereka bergantung pada jaringan kerja sosial melalui mana orang dapat mengenali dan menanggapi masalah. Pada akar, masalah ekologi kita semua masalah sosial, dan solusi mereka akan sosial juga. Tanpa kepercayaan, kerjasama, dan empati, kita tidak akan pernah memecahkan masalah global e-limbah kontaminan di Cina pedesaan, atau perburuan gading di Afrika, atau gas-menenggak mobil meluncur dari jalur perakitan di Detroit. Sebelum kita mengubah dunia, kita harus mengubah pikiran kita-dan untuk itu, kita perlu cukup peduli satu sama lain untuk duduk dan berbicara.
Hal yang sama berlaku di perpustakaan. Kami bekerja dalam organisasi sangat sosial, sering dalam pelayanan langsung ke komunitas pengguna, dan bekerjasama dengan orang lain yang mungkin di lorong atau di seluruh negeri. Kami master berbagi informasi dan sumber daya, dan kita tergantung pada hubungan kita pribadi dan profesional dengan satu sama lain untuk menjaga sistem kami berjalan. Sebagai orang yang sudah di tempat kerja beracun dapat mengatakan, hanya dibutuhkan satu officemate bandel, sakit hati, atau intimidasi untuk membawa semangat dan produktivitas turun.
Perpustakaan Tahan aktif membina hubungan kerja yang baik, komunikasi yang jelas, dan kuat buy-in di semua tingkat lembaga. Untuk menjadi responsif dan fleksibel dalam menghadapi perubahan radikal, pertama kita harus menyadari bahwa kita semua ini bersama. Modal sosial merupakan salah satu aset terbesar kami, karena itu mengikat kita bersama dalam satu usaha-dan bersama-sama kita selalu dapat berbuat lebih banyak.
Inovasi. Teori Ketahanan memberitahu kita bahwa mempertahankan status quo dengan sumber daya berkurang tidak akan memecahkan masalah ekologi kita. Memilih kertas di atas plastik di kasir supermarket bukanlah jawaban: bukan, jawabannya adalah untuk mengubah asumsi kami, dan membawa tas kain kita sendiri sehingga kita dapat menghindari pilihan sepenuhnya. Beberapa ahli ekologi akan pergi jauh, dan mengatakan bahwa kita harus mencari cara untuk berhenti membeli barang-barang konsumen yang akhirnya berakhir di tempat pembuangan sampah.
Untuk menjadi benar-benar inovatif, kita harus meneliti asumsi-asumsi kita, kebiasaan kita, dan kadang-kadang keyakinan kita. Kita harus melihat lingkungan kita dengan mata yang jelas, dan merespon berani dan kreatif, dengan kesediaan untuk gagal dan mencoba lagi. Proses ini bisa tidak nyaman, bahkan mengancam. Hal ini juga dapat menggembirakan, dan dapat bernapas kehidupan baru ke dalam rutinitas kami pikir itu diatur dalam batu.
Tahan perpustakaan harus memberi penghargaan eksperimen-atau setidaknya, tidak menghalangi atau menghukum itu. Seperti menulis Walker dan Garam, "bel peringatan untuk seorang pemikir ketahanan meningkat keasyikan dengan proses (perusahaan kebijakan, tanggung jawab publik, kepatuhan, gugatan hukum, dll)" (hal. 147-8). Perpustakaan terperosok dalam hirarki administratif, praktek warisan, dan "hanya karena" sikap yang tidak mungkin untuk dapat menanggapi perubahan dengan kelincahan dan semangat.
Sangat penting untuk dicatat bahwa inovasi dalam menanggapi perubahan membutuhkan sumber daya-tidak hanya satu kali sumber daya tapi investasi terus menerus. Dalam edisi 2011 Januari Perpustakaan College & Research, Terra B. Jacobson memeriksa salah satu inovasi perpustakaan umum beberapa tahun terakhir-perpustakaan Facebook halaman. Sebagai kesimpulan, dia mencatat, "pustakawan seharusnya tidak terlalu melekat ke Facebook, karena selalu ada alat berikutnya atau situs jejaring sosial yang orang yang menggunakan ... pustakawan harus siap untuk meninggalkan kerja keras mereka di belakang untuk melompat ke alat berikutnya. "(hal. 88). Dalam rangka untuk mencoba hal baru, pustakawan tidak hanya harus memiliki dukungan dari lembaga mereka dan waktu dan fleksibilitas untuk menghasilkan ide-mereka juga harus memiliki energi, optimisme, dan kemampuan untuk perpindahan gigi dengan cepat ketika situasi berubah.
Pelayanan ekosistem. Sebuah ekonomi benar-benar efisien dan tangguh mengakui banyak "tak terlihat" manfaat yang disediakan oleh ekosistem, dari memurnikan udara dan air untuk mengendalikan erosi dan menyediakan penyangga terhadap peristiwa cuaca buruk. Kota yang sudah membeli lahan DAS untuk melindungi pasokan air mereka dan perusahaan dikenakan pajak untuk menyebabkan polusi udara; teori ketahanan menyarankan kita harus pergi lebih lanjut dalam arah ini. Jika kita diperhitungkan dalam biaya manusia dan ekologi benar makanan murah dan bensin, kita akan melihat perubahan lebih cepat dan lebih radikal dalam pola konsumsi kita.
Seperti sebuah ekosistem, perpustakaan memberikan banyak manfaat yang sering pergi tanpa mengatakan, dari berburu pekerjaan bantuan kepada pengayaan pendidikan untuk stabilitas lingkungan dan kualitas hidup. Mengartikulasikan manfaat, dan bahkan menetapkan nilai dolar untuk mereka, membantu perpustakaan dan lain-lain memahami betapa berharga adalah "niche" perpustakaan dalam kampus atau komunitas. Apa yang akan biaya keluarga dan kota-kota untuk menyediakan layanan pengembangan pemuda dan awal-anak, jika perpustakaan tidak melakukannya? Apa yang akan biaya kampus untuk menawarkan penawaran instruksional, rekreasi, dan acculaturative bahwa perpustakaan memberikan siswa?
Seperti menonton dan mengartikulasikan variabel lambat, pekerjaan mengenali layanan tertanam mengharuskan kita untuk membuat perubahan mental dan terlibat secara aktif dengan para stakeholder luar. Pustakawan dapat mulai berbicara tentang perpustakaan mereka sebagai jangkar masyarakat, tujuan budaya, dan mitra pendidikan. Ini adalah peran yang selalu dilakukan perpustakaan memiliki ketahanan teori-panggilan bagi kita untuk mengenali mereka dan menjaga mereka di meja ketika kita membahas nilai dari institusi kami.
Redundancies. Sistem ekologi banyak bergantung pada redundansi untuk membantu menahan guncangan sistem secara keseluruhan. Dari spesies yang menghasilkan keturunan yang jauh lebih daripada yang dapat diharapkan untuk bertahan hidup, untuk ekosistem di mana beberapa spesies menyediakan fungsi, redundansi sistem yang sama alami dengan keragaman pasangan untuk tetap tangguh.
Ini mungkin laknat untuk menyarankan itu, tetapi organisasi, juga bisa mendapatkan keuntungan dari redundansi strategis. Para LOCKSS (Banyak Salinan Jauhkan Stuff Aman) inisiatif mengakui pentingnya menjaga beberapa salinan koleksi cetak dalam penelitian utama perpustakaan-tepatnya dalam rangka untuk memiliki salinan cadangan dalam kasus bencana. Koleksi digital, juga harus didukung terus-menerus. Bahkan komputasi awan akan menyelamatkan kita dari kebutuhan untuk menyimpan dan mengelola beberapa versi item dalam koleksi kami.
Seperti perpustakaan semakin belajar untuk beroperasi sebagai multi-institusi kolektif, kami akan mempertimbangkan apakah kita akan benar-benar dilayani dengan baik oleh semua menghilangkan redudansi dalam posisi. Walker dan Garam mengingatkan kita bahwa "[t] otally struktur pemerintahan top-down tanpa redundansi dalam peran mungkin tidak efisien (dalam jangka pendek), tetapi mereka cenderung gagal ketika keadaan di mana mereka dikembangkan tiba-tiba berubah" (hal. 148 ). Perpustakaan pemimpin mungkin melihat secara dekat keragaman dan modularitas dari organisasi mereka, dan mempertimbangkan beberapa "bagaimana-jika" skenario, sebelum memotong semua redudansi. Bagaimana jika posisi yang menjadi kosong? Bagaimana jika kita dihadapkan dengan kebutuhan baru atau meningkat? Seberapa cepat dan efektif bisa kita menanggapi skenario itu, dan betapa pentingnya akan lebih bagi kita untuk berhasil?
Generalis. Organisme yang dapat mengisi lebih dari satu ekologi "slot" adalah bagian penting dari campuran ekologi ulet, dan sering lebih siap untuk bertahan hidup perubahan di lingkungan mereka. Menurut definisi, generalis memiliki keterampilan yang memungkinkan mereka untuk menutupi banyak basis. Coyote, elang, dan rakun adalah contoh yang baik dari spesies generalis yang beradaptasi dengan baik untuk berbagai macam habitat, makanan, dan kondisi-dan hidup yang dapat bergeser ke kehidupan kota jika habitat alami mereka dikompromikan.
Pustakawan yang "mengkhususkan diri dalam generalisasi" mungkin memiliki keterampilan yang memungkinkan mereka untuk bekerja di unit, dan bahkan di luar perpustakaan sepenuhnya. Sementara peran tradisional pustakawan referensi generalis telah datang di bawah pengepungan dalam beberapa tahun terakhir, hal itu mungkin tidak benar-benar menjadi generalism itu masalah di sini, melainkan relevansi keterampilan dalam pertanyaan.
Seorang kolega dengan berbagai keterampilan yang relevan merupakan aset berharga bagi institusi manapun. Seorang pustakawan yang bisa mengelola proyek, membuat alat bantu temu digital, berkonsultasi dengan fakultas, dan konten dokter hewan untuk jurnal ilmiah perpustakaan yang diterbitkan pada dasarnya adalah seseorang yang dapat melakukan empat pekerjaan yang berbeda. Dalam sebuah institusi di mana keterampilan yang relevan dengan pekerjaan di tangan, seorang generalis yang dapat melangkah masuk dan keluar dari beberapa peran-dari pelayanan publik ke belakang layar kerja, misalnya-mungkin lebih tabah dan mampu beradaptasi dari spesialis yang mengisi hanya satu peran.

Apa yang Selanjutnya?

Para Laporan Taiga 2011 Provokatif meminta kami untuk mempertimbangkan masa depan lima tahun di mana perpustakaan akan terlibat dalam "kerjasama radikal," pustakawan akan berhenti membangun koleksi, dan lembaga yang paling sukses akan telah didefinisikan ulang atau dihilangkan banyak atau sebagian besar posisi yang ada mereka. Sementara prediksi ini mungkin tidak semua menjadi kenyataan, mereka mengarah ke masa depan yang tidak sepenuhnya mustahil. Laporan Taiga ambil untuk beberapa ekstrim dari kecenderungan yang sudah kita lihat di dunia perpustakaan. Sulit untuk mengabaikan mereka langsung.
Teori Ketahanan memberitahu kita bahwa kita tidak harus mengabaikan perubahan yang kita lihat terjadi di sekitar kita, atau yang turun jalan-dan bahwa kita tidak boleh takut kepada mereka, baik. Prinsip dasar teori ketahanan adalah bahwa perubahan abadi dan tak terelakkan. Mereka kunci untuk mengelola dengan sukses adalah untuk mengakuinya dan membangun bijaksana, sistem adaptif untuk merespon.
Perpustakaan masa depan mungkin bukan tempat yang stabil, dapat diprediksi, tetapi harus menjadi tempat dengan ruang untuk keragaman, redundansi strategis, inovasi, dan eksperimentasi. Di atas semua, harus memiliki ruang untuk pengakuan yang berarti nilai-nilai intelektual dan komunal. Sebagai pustakawan dan pemimpin perpustakaan, kita harus mampu melepaskan gagasan bahwa kita dapat mengontrol lingkungan kita, dan bukannya mengambil kerja keras dari ketahanan bangunan.
Untuk daftar Walker dan Garam dari kualitas, saya akan menambahkan beberapa lagi. Membangun perpustakaan tangguh akan mengambil energi dan keberanian. Ini akan mengambil kemauan untuk melangkah keluar peran tradisional kita dan terlibat dalam pekerjaan, berantakan sulit mendefinisikan kembali diri kita dan lembaga kita. Ini akan membutuhkan kesabaran-dengan satu sama lain dan dengan proses tersebut. Dan itu mungkin akan memakan lebih banyak selain.
Tapi berpikir tentang nilai potensial dan nyata yang sangat besar yang terkandung di rak-rak perpustakaan kami dan di kamar kami membaca, di server kami dan di meja layanan kami. Dan tanyakan pada diri sendiri: tidak Apakah itu layak? Saya pikir ini akan.
Banyak terima kasih kepada Nicholas Schiller, Kim Leeder, dan Eric Frierson untuk perspektif mereka pada bagian ini.

Referensi

Asosiasi College dan Perpustakaan Penelitian. (2010). 2010 sepuluh tren di perpustakaan akademik. Diperoleh dari http://crln.acrl.org/content/71/6/286.full
Jacobson, T. (2011). Facebook sebagai alat perpustakaan: dirasakan vs penggunaan aktual. College & Penelitian Perpustakaan, 72 (1), 79-88.
Krugman, P. (2011, December 6). Kekeringan, banjir, dan makanan. The New York Times. Diperoleh dari http://www.nytimes.com/2011/02/07/opinion/07krugman.html?src=me&ref=general
Rees, W. (2010). Berpikir "ketahanan." Dalam R. Heinberg, D. Lerch (Eds.), Pembaca pasca-karbon (hal. 25-40). Healdsburg, CA: Media DAS.
Severson, K., & Johnson, K. (2011, 11 Juli). Kekeringan nyeri menyebar dari Florida ke Arizona. The New York Times. Diperoleh dari http://www.nytimes.com/2011/07/12/us/12drought.html?hp
Taiga Forum. (2011). 2011 pernyataan provokatif. Diperoleh dari http://www.taiga-forum.org/
Walker, B., & Garam, D. (2006). Ketahanan berpikir. Washington: Pulau Tekan.

[1] Sebagai contoh perubahan kita sekarang, seseorang hanya perlu melihat ke asosiasi profesional kami. Untuk perpustakaan akademis, 2010 Top Ten Tren di Perpustakaan Akademik mengidentifikasi kekuatan perubahan.
[2] Dalam istilah ekologi, kepunahan spesies secara umum menunjukkan ketidakseimbangan - sering salah kita harus alamat. Dalam hal perpustakaan, 'kepunahan' dari kebutuhan pengguna tertentu biasanya lebih kompleks, dan dapat mengarahkan kita ke ceruk layanan baru yang kita butuhkan untuk mengisi.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment