Milis dan blog tentang perpustakaan


Banyak cara dapat dilakukan untuk terus dapat update dengan berita sekitar perpustakaan dan hal hal yang terkait di dalamnya melalui internet. Dua diantaranya adalah aktif di milis dan membaca blog perpustakaan.

Milis atau mailing list adalah grup diskusi di internet di mana setiap orang dapat bergabung dan berpartisipasi di dalamnya. Dengan milis, memungkinkan kita untuk berdiskusi atau tukar menukar informasi kepada banyak pengguna internet yang terbagung dalam milis tersebut karena pada dasarnya milis adalah sekumpulan alamat surat elektronik (e-mail) dari pengguna internet yang mempunyai kesukaan atau kepentingan yang sama. Banyak milis dengan topik atau bidang yang tersedia di internet salah satunya milis bidang kepustakawanan.

Beberapa milis perpustakawan yang dapat dilanggan (subscribe) dengan mengirim surat elektronik ke alamat di bawah ini:

Lokal:
the_ICS@yahoogroups.com
pustakawan_meneliti@yahoogrops.com
alumnipip@yahoogroups.com
Atau silakan memilih milis kepustakawanan lain yang tersedia di: http://groups.yahoo.com/
Internasional, klik link di bawah ini:
http://www.ifla.org/en/mailing-lists

Secara sederhana, blog yang merupakan singkatan dari weblog yaitu aplikasi web yang berisikan tulisan-tulisan yang dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut. Banyak blogger –sebutan si pembuat blog– yang berbagi informasi atau tulisan khusus bidang perpustakaan.

Tulisan di blog seyogyanya selalu diupdate oleh pemiliknya sehingga kita selalu mendapatkan info atau topik yang terkini dengan membaca blog tersebut. Selain membaca tulisan mereka, kitapun dapat berinteraksi atau tanya jawab dengan si pemilik blog tersebut.

Beberapa blog bidang perpustakaan adalah:
http://sudarsih-library.blogspot.com/
http://alumnipip.wordpress.com/
http://iperpin.wordpress.com/

Internasional:
http://travelinlibrarian.info/
http://www.tangognat.com/

Selamat menambah cakrawala dunia perpustakaan

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment