PERPUSTAKAAN MODERN DI DUNIA

Kerumitan rahang-menjatuhkan dari perpustakaan tua , dengan jendela kaca mereka bertimbal dan tingkatan rak kayu gelap, sedang digantikan mendukung garis yang bersih, ruang terbuka dan fokus pada teknologi baru dalam arsitektur perpustakaan akhir abad 20 dan seterusnya . Ini (14 lebih! ) perpustakaan modern hanya sebagai indah, bentuk dramatis membual dan volume, langit-langit tinggi, dinding transparan dan, tentu saja, tumpukan buku yang mengesankan.

Jose Vasconcelos Perpustakaan, Mexico City

(Foto melalui: lwy )

Didedikasikan untuk Jose Vasconcelos, seorang filsuf dan mantan presiden Perpusnas Nasional Meksiko, perpustakaan ini 409.000 kaki persegi dibangun pada tahun 2005 dan 2006 sebesar $ 98 juta, tetapi harus ditutup selama 22 bulan karena cacat konstruksi. Baris demi baris bentuk baja berkilauan disarikan pola geometris dan kesan kepada pengunjung hanya berapa banyak buku yang terkandung di dalam rak.

Ide Toko Whitechapel, London, Inggris

(Foto melalui: architizer , archrecord )

Sebuah perpustakaan tradisional digabungkan dengan ruang untuk kelas dalam volume gelas hening biru dan hijau di Adjaye Associates 'Ide Toko Whitechapel. Bangunan utama dari sebuah program yang bertujuan untuk mendorong perpustakaan ke abad 21, termasuk teknologi digital terbaru, Toko Ide termasuk atrium lantai lima.

Universitas Yale Beinecke Buku Langka & Perpustakaan Manuskrip

(Foto melalui: lauren pengawakan )

Yale Buku Langka & Perpustakaan Beinecke Naskah ditempatkan dalam struktur modern yang biasa dibangun pada tahun 1963, itu gedung terbesar di dunia dicadangkan hanya untuk pelestarian tulisan langka. Di dalam, buku-buku ditumpuk enam cerita tinggi. Dinding terbuat dari marmer tembus untuk membiarkan minim cahaya, sebuah taktik yang melindungi buku halus dan kertas.

Black Diamond di Royal Perpustakaan Kopenhagen, Denmark

(Foto melalui: e-architect.co.uk )

SHL Arsitek Kopenhagen memberikan sebuah tengara baru yang luar biasa dengan ekstensi Black Diamond ke Royal Perpustakaan bersejarah Denmark. Desain monolitik adalah mengherankan lapang dan terbuka di dalam, bukan hanya mendorong studi buku tetapi juga eksplorasi jenis baru media. "Kami tertarik pada proyek-proyek untuk potensi mereka untuk melibatkan publik dan tidak hanya untuk memberikan kehidupan budaya dan sosial ke kota-kota mereka dan kota-kota tetapi juga karena kemampuan mereka untuk bekerja sebagai akselerator untuk pembelajaran dan pengetahuan," kata Bjarne Hammer, seorang SHL mitra pendiri.

Villanueva Public Library, Kolombia

(Foto melalui: archdaily )

Bahan-bahan lokal dan tenaga kerja lokal membantu membuat Perpustakaan Umum di Kolombia Villanueva struktur berkelanjutan. Kolaborasi antara empat tempat arsitek muda dua jilid, yang terbuat dari batu padat dan struktur pohon pinus lainnya lapang berkisi-kisi, tepat di samping satu sama lain dalam kontras visual menarik.

Parque Biblioteca Espana

(Foto melalui: catatan arsitektur )

Terletak di lereng bukit di sekitar La Ladera di Medellin, Kolombia, Parque Biblioteca Espana adalah trio mencolok dari bangunan modern monolitik melihat ke bawah pada apa yang pernah di antara lingkungan yang paling berbahaya di Amerika Latin. Dirancang oleh Giancarlo Mazzanti sebagai simbol harapan, bangunan perpustakaan, auditorium dan pusat komunitas yang terinspirasi oleh bentuk batu-batu besar.

Perpustakaan Nasional dari Belarus

(Foto melalui: mondoarc )

Fasad seluruh Perpustakaan Nasional geometris dari Belarus adalah dispay LED; siang hari, kaca panel secercah di bawah sinar matahari, dan pada malam hari, mereka diterangi dari dalam untuk menempatkan pada pertunjukan cahaya yang selalu berubah. Perpustakaan merupakan 23 cerita tinggi yang luar biasa dan berisi koleksi buku terbesar ketiga di Rusia.

Perpustakaan TU Delft, Belanda

(Foto melalui: galinsky.com )

Sebuah volume kerucut mengejutkan muncul dari apa yang tampaknya menjadi sebuah bukit hijau, tetapi sebenarnya sebuah perpustakaan bawah tanah dengan atap hidup. Perpustakaan di Delft University of Technology ini dirancang oleh Mecanoo dan selesai pada 1997. Bentuk kerucut turun ke ruang utama perpustakaan dan berisi tangga spiral yang mengarah ke ruang baca.

Perpustakaan Halmstad, Swedia

(Foto melalui: e-architect.co.uk , archidose )

Dirancang oleh Arsitek SHL, yang Halmstad menyapu Perpustakaan di Halmstad, Swedia menghadap Sungai Nissan dan kurva sekitar pohon kastanye yang sudah ada dewasa. Perpustakaan, selesai pada 2007, terdiri dari satu ruang terbuka yang luas di pedalaman yang dibuat untuk merasakan semua yang lebih besar dengan lantai ke langit-langit jendela.

Perpustakaan Umum vancouver, Kanada

(Foto melalui: greenroofs.com , Wikimedia Commons )

Dengan balok dan lengkungan yang menjulang tinggi ke udara, Perpustakaan Umum menyerupai Vancouver, dari luar, sebuah gorong-gorong Romawi kuno. Dirancang oleh Moshe Safdie dan dibangun pada tahun 1995, struktur yang tidak biasa ini mencakup kantor terpasang bertingkat tinggi, toko-toko ritel, restoran dan parkir di samping sistem perpustakaan umum. Ini adalah atasnya oleh taman atap yang tidak terbuka untuk umum.

Downtown Baton Rouge Perpustakaan Konsep, Trahan Arsitek

(Foto melalui: archdaily )

Sebuah proposal $ 19m kontroversial mungkin tanah Baton Rouge sebuah perpustakaan pusat kota baru yang dirancang oleh Arsitek Trahan. Proyek ini ditahan sementara kota bekerja keluar masalah anggaran. Perpustakaan menarik ke atas seperti akordeon diperpanjang, dan di dalam, platform beton mendukung lantai berikutnya tampak melayang-layang di udara. Sebuah kumparan tangga di sekitar bagian dalam amplop kaca mencolok.

Ann Arbor Kabupaten Perpustakaan, Michigan

(Foto melalui: archdaily )

Ann Arbor, Michigan menawarkan perpustakaan modern yang indah yang dirancang oleh Studio menginformasikan. Mengganti sebuah perpustakaan 4.000 kaki persegi yang terletak di sebuah mal, struktur baru, selesai pada tahun 2008, panjang, rendah dan geometris. Kolom batang pohon Berkarat alami gema hutan di luar, sementara langit-langit tinggi, abu pucat dan cat putih membuatnya merasa lebih luas.

UCSD Giesel, AKA Dokter Seuss Perpustakaan, San Diego

(Foto melalui: libraries.ucsd.edu )

UC San Diego Gedung Perpustakaan Universitas dinamai Geisel Library pada tahun 1995 setelah seorang penulis yang sudah membuat kontribusi besar untuk sastra anak-anak: Dr Seuss. Ini, biasa berbentuk delapan lantai perpustakaan dirancang pada tahun 1960 oleh William Pereira dan yang berlokasi di kepala jurang.

Tana Seni Perpustakaan Universitas, Tokyo, Jepang

(Foto melalui: dezeen )

Selesai pada 2007, Perpustakaan Universitas Tama Art di Tokyo dirancang oleh Toyo Ito. Dingin, pantang menyerah beton merupakan rekayasa dalam lengkungan menukik lembut, baik dalam bentuk jendela dan langit-langit interior. Ito mengatakan, "Keragaman spasial satu pengalaman ketika berjalan melalui lengkungan yang berbeda dalam rentang dan perubahan ketinggian mulus dari ruang biara yang diisi dengan cahaya alami, untuk kesan sebuah terowongan yang tidak dapat ditembus secara visual."

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment