AL QURAN, PROSES PENCETAKANYA

Alquran bukan hanya sekedar tulisan belaka, Alquran Allah SWT hadirkan di muka bumi ini sebagai mukjijat yang tidak akan pernah hilang atau berubah sampai akhir jaman. Ia akan selalu terjaga dari rongrongan manusia yang coba memalsukannya. Allah SWT menyatakan : Inna nahnu nazzalni dzikra wa inna lahafizuun " Sesungguhnya dari sisi kami Alquran diturunkan dan kami yang akan memeliharanya".

Setiap hari terus tumbuh para hafidz (penghafal Alquran) di muka bumi ini, sebagai bukti kebesaran Allah SWT memeliharanya. Secara logika sulit dinalar bagaimana Allah menunjukkan kekuasaanNya dengan mudahnya manusia menghapal Alquran. Kalau saja itu buatan manusia, sudah dipastikan tidak akan banyak manusia yang mampu menghapalnya, tapi karena Alquran itu made in Allah, dipastikan Allah pulalah yang akan memberikan kemudahan bagi manusia dalam menghafalnya. Subhannallah..!

Disamping bermunculan para penghafal Alquran, manusia juga terus memperbanyak dengan mencetak Alquran dalam bentuk sebuah yang lebih mudah untuk dibaca, yakni pencetakan Alquran.

Di pinggiran kota Madinah terdapat percetakan yang dibangun untuk menjaga kemurnian kitab suci Alquran. Dengan pekerja berjumlah 1.700 orang, setiap tahunnya, pencetakan mampu mencetak 10 juta Alquran dalam bentuk cetakan, CD, dan kaset.

GB
Proses pencetakan Alquran. Selain mencetak Alquran, Percetakaan Mushaf Alquran Kompleks Malik Fahd ini juga mengatur distribusi Alquran di seluruh dunia termasuk membagikannya ke masjid-masjid ataupun lembaga pendidikan.

GB
Proses pengisian suara untuk pembuatan Alquran digital (CD/Kaset).

GB
Proses tashih (editing suara) untuk pembuatan Alquran digital (CD/Kaset).

GB
Mesin cetak Alquran kini menggunakan teknologi canggih.

GB
Masjid di pabrik pencetakan Alquran Madinah al-Munawwaroh.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment