LAPORAN PKL PERPUSTAKAAN DI STAIN KEDIRI


LAPORAN PRAKTEK KERJA PERPUSTAKAAN PUST 2290

DI PERPUSTAKAAN STAIN KEDIRI

NAMA : SUDARSIH

NIM :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

PROGRAM DII PERPUSTAKAAN

UNIVERSITAS TERBUKA

UPBBJ MALANG

2011

HALAMAN PENGESAHAN

LAPORAN PRAKTIK KERJA PERPUSTAKAAN

DI PERPUSTAKAAN STAIN KEDIRI

NAMA : SUDARSIH

NIM : 016101832

Kediri, 28 Oktober 2011

Yang Mengesahkan:

Kepala Perpustakaan

STAIN Kediri

ILHAM MASYHURI, M.H

NIP. 19760822200121001

Pembimbing Kelompok III

MOCH. BASIT AULAWI,S.Pd., S.IPI

NIP.

KATA PENGANTAR

Bismillahirahmaanirrahiim,

Syukur Alhamdulillah kepada Allah S.W.T sehingga penulis mampu menyelesaikan laporan praktik kerja perpustakaan di perpustakaan STAIN Kediri dengan baik.

Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad S.A.W sehingga kita dapat berjumpa dengan dunia yang penuh ilmu dengan perantaraan agama islam.

Walaupun sudah berusaha semaksimal mungkin, tetapi penulis menyadari tanpa adanya bantuan dari berbagai pihak laporan ini mustahil dapat terselesaikan. Untuk itu penulis tidak lupa mengucapkan terimakasih kepada:

1. Dr.H. Ahmad Subakir, M.Ag. selaku Ketua STAIN Kediri.

2. Ilham Masyhuri, M.H. selaku Kepala Perpustakaan STAIN Kediri.

3. Moch. Basit Aulawi, S.Pd., S.IPI. selaku Pembimbing Kelompok III.

4. Seluruh staf perpustakaan STAIN Kediri yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu.

5. Pengelola UT UPBJJ Malang, Pokjar Arjosari Pacitan.

6. Suami dan anakku terkasih yang selalu memberiku motivasi.

7. Kedua orang tua dan keluargaku yang selalu memberikan do’a.

8. Teman-teman DII Perpustakaan masa registrasi awal 2010.1 yang memberikan dukungan.

Akhirnya besar harapan penulis, semoga laporan ini dengan Ridho Allah S.W.T akan membawa manfaat, baik bagi penulis sendiri maupun bagi pembaca. Kritik selalu penulis harapkan demi sempurnanya laporan ini.

Kediri, 28 Oktober 2011

Penulis

DAFTAR ISI

HALAMN JUDUL

HALAMAN PENGESAHAN

KATA PENGANTAR

DAFTAR ISI

DAFTAR LAMPIRAN

BAB I : PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG

B. TUJUAN PRAKTIK KERJA PERPUSTAKAAN

C. WAKTU DAN TEMPAT PRAKTIK

D. SISTEM PENULISAN LAPORAN

BAB II: KEADAAN UMUM DAN DISKRIPSI KERJA PERPUSTAKAAN

A. KEADAAN UMUM

1.Sejarah Singkat STAIN Kediri

2.Struktur Organisasi

3.Visi dan Misi Perpustakaan STAIN Kediri

4.Tugas dan Fungsi

5.SDM

6.Koleksi

7.Gedung

8.Sumber Dana

9.Tata Tertib

10..Keanggotaan

11.Jam Buka

B. DISKRIPSI TUGAS DI BAGIAN PENGADAAN

C. DISKRIPSI TUGAS DI BAGIAN PENGOLAHAN

D. DISKRIPSI TUGAS DI BAGIAN PELAYANAN

E. STATISTIK KOLEKSI

BAB III: MASALAH DAN PEMECAHAN

A. MASALAH

B. PEMECAHAN MASLAH

BAB IV. PENUTUP

A. KESIMPULAN

B. SARAN

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN-LAMPIRAN

DAFTAR LAMPIRAN

1. Formulir usulan buku.

2. Daftar desiderata.

3. Lembar pengolahan.

4. Lembar isian pengolahan bibliografi.

5. Label perpustakaan.

6. Lembar pengembalian.

7. Formulir pendaftaran anggota perpus.

8. Contoh tampilan dari catalog OPAC.

9. Contoh catalog OPAC.

10. Contoh inventaris koleksi bahan pustaka.

11. Contoh formulir penyerahan CD-ROM/ SOFTCOPY skripsi.

12. 1 set alur kerja Standard Operating Procedure (SOP), 19 lembar.

BAB I

PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG

Perpustakaan harus melakukan perubahan dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat penggunanya. Hal tersebut berkaitan dengan perkembangan ilmu pengetahuan yang begitu cepat berlimpah dan menyeluruh. Keadaan ini yang mendorong para pustakawan, serta pelaku pemanfaat informasi atau pengguna perpustakaan berusaha keras agar mendapat perkembangan dan kecepatan kehadiran informasi yang mutakhir dan yang dibutuhkan. Layanan penelusuran informasi merupakah salah satu jasa perpustakaan yang disediakan bagi pengguna untuk menemukan informasi yang dibutuhkannya. Ciri utama kegiatan tersebut yaitu layanan yang dilakukan dengan memanfaatkan seperangkat sumber referens atau bahan rujukan seperti: kamus, ensiklopedi, direktori, statistik bibliografi dan lain sebagainya. Agar informasi yang ada di perpustakaan dapat berfungsi secara maksimal maka diperlukan tenaga pengelola professional yang memiliki ilmu pengetahuan di bidang perpustakaan. Ilmu pengetahuan di bidang perpustakaan dapat diperoleh melalui kuliah di jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Pendidikan yang diberikan tidak hanya bersifat teoritis tetapi juga praktek, salah satunya adalah Praktek Kerja Perpustakaan (PKP). Praktek Kerja Perpustakaan merupakan salah satu bentuk kegiatan belajar melalui praktek yang dibimbing langsung oleh Dosen Pembimbing Lapangan. Di perpustakaan, tempat pelaksanaan Praktek Kerja Perpustakaan, mahasiswa dapat belajar dengan menggunakan ilmu yang diperoleh secara teoritis dan dipadukan dengan ilmu praktis yang ada di lapangan.

Dengan demikian mahasiswa Praktek Kerja Perpustakaan dapat merasakan dan menguasai ilmu perpustakaan. Berdasarkan pertimbangan di atas maka penulis memilih Perpustakaan STAIN Kediri sebagai tempat untuk melakukan Praktek Kerja Perpustakaan yang termasuk salah satu unit pelaksana teknis dalam melayani civitas akademika dan pemustaka lainnya.

B. TUJUAN PRAKTIK KERJA PERPUSTAKAAN

Tujuan dari pelaksanaan STAIN Kediri adalah sebagai berikut:

1. Mengetahui strategi peningkatan pelayanan dalam mengelola perpustakaan di Perpustakaan STAIN Kediri

2. Menganalisis faktor-faktor yang menjadi kelebihan dan kekurangan dalam melayani pengguna perpustakaan dan mengelola perpustakaan

3. Mengetahui kepuasan pengguna perpustakaan terhadap pelayanan yang ada di Perpustakaan STAIN Kediri

4. Tujuan bagi mahasiswa untuk menambah keterampilan maupun wawasan tentang cara pengelolaan perpustakaan secara umum.

5. Merupakan salah satu syarat untuk menyelesaikan program studi DII perpustakaan.

  1. WAKTU DAN TEMPAT PRAKTEK KERJA PERPUSTAKAAN

Praktek Kerja Lapangan dilaksanakan di Perpustakaan STAIN Kediri yang berlokasi di Jl. Sunan Ampel No.7 Ngronggo Kediri Jawa Timur. Adapun pelaksanaan Praktek Kerja Perpustakaan mulai tanggal 26 September sampai dengan 27 Oktober 2011, dengan jadwal yang telah ditetapkan dari pembimbing dan Kepala Perpustakaan STAIN Kediri.

  1. SISTEMATIKA PENULISAN

Sistematika penulisan laporan Praktek Kerja Perpustakaan di Perpustakaan STAIN Kediri adalah sebagai berikut:

Bab I : Pendahuluan: memaparkan tentang latar belakang, tujuan, waktu dan tempat praktek kerja perpustakaan, sistematika penulisan laporan.

Bab II : Keadaan umum : memaparkan tentang sejarah singkat perpustakaan STAIN Kediri, struktur organisasi, misi dan misi, tugas dan fungsi, SDM, koleksi, gedung dan ruang, sumber dana, tata tertib, dan diskripsi tugas di bagian pengadaan, pengolahan, layanan dan statistik koleksi tahun 2010.

Bab III : Masalah dan pemecahan.

Bab IV : Kesimpulan dan saran : meyajikan uraian singkat mengenai hasil pelaksanaan PKP dan memberikan saran terhadap kondisi sesuai pengamatan dan hasil pengamatan penulis.

BAB II

KEADAAN UMUM DAN HASIL PRAKTIK KERJA PERPUSTAKAAN

  1. KEADAAN UMUM

1. Sejarah Singkat STAIN Kediri

Didirikannya perguruan tinggi agama Islam di Kediri dimulai dengan berkumpulnya para ulama yang didukung oleh oleh Bupati Kediri, Imam Koesoebagyo, pada tahun 1960. Di antara para ulama tersebut adalah Kyai Mahfudh, K.H. Syafi’I Marzuki, K.H. Mahrus Ali, H.Ali Mashar, dan Anwar Zen. Bupati Kediri, Imam Koesoebagyo, adalah termasuk tokoh (birokrat/pejabat) yang cukup pro aktif dalam hal rencana pendirian perguruan tinggi Islam. Imam Koesoebagyo merupakan sosok dari anggota Partai Nasionalis Indonesia (PNI), tetapi memiliki kultur keislaman (NU) yang cukup kuat. Oleh karenanya, pada saat pencalonan Bupati Kediri, ia mendapat dukungan kuat dari umat Islam, khususnya dari kaum nahdliyin. Di samping itu, tak mengherankan jika ia memiliki semangat tinggi untuk mendirikan perguruan tinggi Islam. Dari hasil pertemuan tersebut diperoleh keputusan akan mendirikan lembaga pendidikan tinggi Islam. Setelah melakukan berbagai upaya untuk mendirikan lembaga pendidikan tinggi, barulah pada tahun 1962 Panitia Persiapan PendirianLembaga Pendidikan Tinggi di Kediri berhasil mendirikan Sekolah Persiapan (SP) IAIN. Sekolah ini diresmikan oleh Menteri Agama RI, Sjaifudin Zuhri, pada tahun 1962.

Pada tahun 1964 berbekal SP IAIN yang menginduk ke IAIN Sunan Kalijaga didirikan dan diresmikanlah Fakultas Ushuluddin. Pendirian Fakultas Ushuluddin di Kediri didasarkan pada Keputusan Menteri Agama RI No. 33 tahun 1964 tertanggal 16 Juli 1964. Setelah Fakultas Ushuluddin IAIN Sunan Ampel Cabang Kediri berumur lebih kurang 32 tahun, pada tahun 1997 pemerintah menetapkan peraturan baru bahwa perguruan tinggi cabang harus berdiri sendiri. Fakultas Ushuluddin Sunan Ampel Cabang Kediri berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 11 tahun 1997 secara resmi berdiri sendiri dan ditetapkan sebagai Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Kediri. Setelah menjadi STAIN perguruan tinggi ini tidak memiliki hubungan struktural lagi dengan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sunan Ampel Surabaya. Secara struktural STAIN Kediri berada di bawah Dirjen Perguruan Tinggi Islam Departemen Agama. Secara manajerial juga telah mandiri. Pengangkatan pegawai, penentuan pemimpin, dan anggaran telah memiliki kewenangan sendiri.

Dengan berdirinya STAIN Kediri maka pada saat itu berdiri pula perpustakaan STAIN Kediri yang belum memiliki seorang pustakawan. Kemudian, seiring dengan berjalannya waktu, pada tahun 1999 perpustakaan STAIN Kediri telah mmiliki seorang pustakawan yaitu Bapak Komarudin.

Tahun 2004, perpustakaan STAIN Kediri resmi menempati gedung baru dan merupakan awal mula pengggunaan system otomasi perpustakaan (SIMPUS). Pada tahun 2007, perpustakaan menerapkan system Block Grant untuk program GDL ( Ganesa Digital Library). Namun GDL memiliki banyak kelemahan sehingga pada tahun 2008 pihak perpustakaan beralih pada penerapan system Senayan Library Otomation hingga sekarang.

Prestasi membanggakan juga ditorehkan oleh pustakawan STAN Kediri yaitu Bapak Komarudin sebagai pustakawan berprestasi tingkat nasional. Beliau juga menjabat sebagai ketua forum perpustakaan Kota Kediri.

2. Struktur Organisasi

Struktur Organisasi Perpustakaan STAIN Kediri dapat dilihat sebagai berikut :

Kepala Perpustakaan

:

Ilham Masyhuri, M.H

Administrasi & Internet

:

Achmad Muslih, S.Sos.

Pengolahan & Pengembangan Koleksi

:

M. Basyit Aulawi, S.Pd., S.IPI , Tatik Imadatus S, M.Psi

Pelayanan/Referensi

:

Untung Khoirudin,M.PdI dan M. Anwar, SE

Peminjaman

:

Achmad Syafiqul Khahlan, S.IP

Pengembalian

:

Evi Rahmawati, A.Md

Bag. Komputer /IT

:

Muhamad Hamim, S.Kom.

Virtual Library

:

Komarudin, S.Ag

Koleksi Umum

:

Djuandana Pamungkas, SE

Pemeliharaan

:

Yudi Sumarsono

Foto Copy

:

Putut Miarta

3. Visi dan Misi Perpustakaan STAIN Kediri

Visi Perpustakaan STAIN Kediri ; Pengembangan dan pemberdayaan potensi perpustakaan untuk mendukung upaya peningkatan kualitas keilmuan di STAIN Kediri.

Untuk mewujudkan visi di atas perpustakaan STAIN Kediri mempunyai misi:

1. Meningkatkan dan mengembangkan koleksi perpustakaan.

2. Meningkatkan efektifitas dan efisiensi pengolahan koleksi perpustakaan.

3. Meningkatkan dan mengembangkan layanan koleksi perpustakaan.

4. Menyelenggarakan kerjasama bidang kepustakawanan dengan perpustakaan perguruan tinggi dan instansi terkait.

4. Tugas dan Fungsi

Perpustakaan STAIN Kediri mempunyai tugas menyusun kebijakan dan melakukan tugas rutin untuk mengadakan, mengolah, dan merawat pustaka serta mendayagunakannya baik bagi civitas akademika STAIN Kediri khususnya, maupun masyarakat luas.

Uraian tugas perpustakaan STAIN Kediri :

1. Mengikuti perkembangan kurikulum serta perkuliahan dan menyediakan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk pengajaran.

2. Menyediakan pustaka yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas-tugas dalam rangka studi.

3. Mengikuti perkembangan program-program penelitian yang diselenggarakan di lingkungan STAIN Kediri dan berusaha menyediakan literatur ilmiah dan bahan pustaka lain yang diperlukan bagi peneliti.

4. Memutaakhirkan koleksi dengan mengikuti terbitan-terbitan yang baru baik berupa tercetak maupun non-tercetak.

5. Menyediakan fasilitas yang memungkinkan pengguna mengakses perpustakaan lain maupun pangkalan data dalam rangka pemenuhan kebutuhan informasi pengguna yang diperlukan.

Perpustakaan STAIN mempunyai fungsi:

1. Pusat pelestarian ilmu pengetahuan agama Islam

2. Pusat belajar

3. Pusat pengajaran

4. Pusat penelitian

5. Pusat penyebaran informasi

6. Rekreasi budaya

7. Fungsi rekreasi

5. Sumber Daya Manusia (SDM)

Staf perpustakaan STAIN Kediri terdiri atas tenaga pustakawan dan non pustakawan. Tenaga non pustakawan melaksanakan tugas pelayanan pemakai perpustakaan sesuai dengan tugas yang diberikan dalam bidang layanan. Sedangkan pustakawan melaksanakan kegiatan sesuai dengan Kepmenpan Nomor : 132/KEP/M.PAN/12/2002. Perpustakaan STAIN Kediri memiliki 12 orang pegawai perpustakaan yang terdiri dari :

NO

NAMA/NIP

PENDIDIKAN

KETERANGAN

1

Ilham Masyhuri, MH

1976082200121001

S2- Hukum

Kepala

2

Komarudin, S.S, M.Hum

1014200031001

S2-Perpustakaan

Pustakawan

3

Djuandana Pamungkas, SE

150219775

S1-Ekonomi (Calon Pustakawan Tk. Ahli)

Sarjana

4

Moch. Basit Aulawi, S.Pd., S.IPI

150319135

S1-Perpustakaan

Pustakawan

5

Untung Khoirudin, M.Pd.I

150377912

S2-Manajemen Penddikan Islam

Megister

6

Tatik Imadatus Sa’adah, M.Psi.

150386487

S2-Psikolgi

Calon Dosen

7

Achmad Muslih, S.Sos

150314833

S1-Administrasi Negara

Sarjana

8

Evi Rahmawati, A.Md.

150370291

D3-Perpustakaan

Calon Pustakawan

9

Muhamad Hamim, S.Kom

150370292

S1-Komputer

Sarjana

10

Muhammad Bahtiar Aman

150327311

S1 Manajemen (Caln Pustakawan tk. Ahli)

Sarjana (Calon pustakawan)

11

Achmad Syafiqul Khalan, S.IP

198703092011011006

S1-Ilmu Politik

Sarjana

12

Yudi Sumarsono

150385836

SMA

SMA

13.

Putut Miarta

SMA

SMA

6. Koleksi

Perpustakaan STAIN Kediri memiliki koleksi yang terdiri dari koleksi tercetak : buku teks, kitab, majalah, jurnal ilmiah, surat kabar, skripsi, tesis dan disertasi, dan koleksi elektronik : CD, DVD dan kaset.

Klasifikasi Koleksi

Koleksi Perpustakaan STAIN Kediri dikelompokkan menurut sistem klasifikasi DDC-22ed, dan khusus untuk kelas agama Islam mengikuti system klasifikasi Islam Departemen Agama Tahun 2003, dengan ringkasan sebagai berikut :

000 Karya Umum

100 Filsafat

200 Agama

2X0 Islam (Umum) (baca: dua eks nol)

2X1 Al-Qur’an dan ilmu yang berkaitan

2X2 Hadits dan ilmu yang berkaitan

2X3 Aqaid dan ilmu kalam

2X4 Fikih Ushul Fikih

2X5 Akhlak Tasawuf

2X6 Sosial dan Budaya

2X7 Dakwah dan Pendidikan Agama Islam

2X8 Aliran dan Sekte

2X9 Sejarah Islam dan Biografi

300 Ilmu Sosial

400 Ilmu Bahasa

500 Ilmu Alam dan Matematika

600 Teknologi & Manajemen

700 Seni

800 Sastra dan Retorika

900 Geografi dan Sejarah

Setiap bahan pustaka dilengkapi dengan label klasifikasi bahan pustaka yang tertempel di punggung buku.

7. Gedung Perpustakaan STAIN Kediri

Perpustakaan STAIN Kediri menempati gedung C STAIN Kediri yang terdiri dari 2 lantai dengan luas 846 M. Lebih rinci mengenai jumlah luas perpustakaan STAIN Kediri dapat dilihat pada tabel berikut :

Tabel Ruangan Perpustakaan

Ruang

Panjang

Lebar

Luas

Kantor

6 M

6 M

36 M2

Ruang Pengolahan & Pengadaan

9 M

5 M

45 M2

Sirkulasi

20 M

9 M

180 M2

Koleksi Umum

20 M

11 M

220 M2

Virtual Library dan Referensi

26 M

13 M

338 M2

Foto Copy

9 M

3

27 M2

Jumlah

846 M2

Adapun pembagian ruang sebagai berikut :

Lantai 1 :

Ruang kantor : ruang kepala perpustakaan.

Ruang pengolahan & pengadaan.

Ruang administrasi : administrasi dan keanggotaan.

Ruang Sirkulasi : Peminjaman, pengembalian dan perpanjangan.

Lantai 2 :

Ruang Koleksi Umum

Ruang Virtual Library

Ruang Referensi : Koleksi kamus, ensiklopedi, majalah, surat kabar, kitab, skripsi dan tesis.

Ruang Foto Copy

Ruang IIBN ( Indonesian Islamic Bibliograpich Network): layanan koleksi digital local content (skripsi, laporan penilitian, dan jurnal) antar perguruan tinggi yang tergabung dalam IIBN (http://kdr.iibn.info/.)

8. Sumber Dana

Sumber dana yang ada berasal dari :

a. Anggaran rutin APBN (DIPA).

b. Denda keterlambatan pengembalian.

c. Dana pengganti sumbangan buku bagi mahasiswa yang mengurus kartu bebas perpustakaan.

9. Tata Terbit

A. Umum

1. Berpakaian rapi (baju/kaos berkerah), sopan, dan bersepatu

2. Menjaga kebersihan, ketertiban dan ketenangan

3. Menyimpan buku pribadi, tas, jaket dan topi di tempat/ lemari yang disediakan.

B. Larangan

1. Makan, minum, dan merokok di ruang bacaaan,

2. Merusak dan menghilangkan koleksi

3. Menggunakan kartu anggota (orang) lain

4. Melakukan aktivitas di luar kepentingan ilmiah

10. Keanggotaan

Keanggotaan dan jumlah anggota dapat dilihat dalam table berikut:

No.

Jenis Anggota

Jumlah Anggota

1.

Mahasiswa

3.349

2.

Alumni

323

3.

Pascasarjana

75

4.

Dosen

25

5.

Mahasiswa Skripsi

15

6.

Anggota Luar

5

7.

Karyawan

7

Total Anggota

3.799

11. Jam Buka

Senin – Kamis : Pukul 08.00 - 16.00 WIB

Jum’at : Pukul 08.30 – 15.00 WIB

Sabtu : Pukul 08.00 – 15.00 WIB

Istirahat pukul 12.00-13.00 WIB, Jum’at pukul 11.00-13.00 WIB

B. DISKRIPSI TUGAS DI BAGIAN PENGADAAN

Kegiatan pada bagian pengadaan meliputi :

Seleksi tambahan koleksi, dapat dilakukan dengan cara:

1. Mengirim formulir usulan buku yang dibutuhkan kepada dosen.

2. Usulan daftar buku dari mahasiswa/ pemustaka dan karyawan.(*lampiran1)

3. Kajian koleksi dan kajian pengguna.

4. Mencari melalui catalog, e-book, maupun toko buku on-line.

Pengadaan seleksi, meliputi kegiatan:

1. Pembelian :

1.1 Dibawah Rp 100.000.000,00 pembelian langsung ke toko buku/ penerbit.

1.2 Diatas Rp 100.000.000,00-Rp 200.000.000,00 diadakan lelang sederhana.

1.3 Diatas Rp 200.000.000,00 diadakan lelang terbuka.

2. Hadiah, diperoleh berdasarkan permintaan atau pemberian suka rela seperti pemberian dari Kemendiknas, Balai Diklat, LP3N dan pemberian dari perguruan tinggi lain.Contoh: buletin Bung Karno dari Perpusnas RI, majalah Ikhlas dari Kementerian agama RI, al-huriyah adalah jurnal hokum islam dari STAIN Bukit TInggi, Karsa/ Jurnal Study islam dari STAIN Pamekasan dll.

3. Tukar menukar, pertukaran koleksi dilakukan dengan PTAI lain, berupa buku yang sudah tidak dipakai atau over load.

4. Melaui penggandaan, dengan cara foto copy untuk koleksi yang sudah tidak beredar maupun koleksi unduhan dari intenet dan dicetak di Malang.Contoh:

a. Direktori hasil akreditasi program studi tahun 2009.

b. Tesis : “Strategi pengembangan kurikulum perguruan tinggi agama Islam”.

c. Berbagai kitab yang tidak ada dipasaran (contoh: Kitab Muwihnah dhilfadli, kitab Alfikrulussull)

5. Menyiapkan Desiderata

6. Menyiapkan administrasai pengadaan, yang meliputi

6.1 Nota pemesanan.

Contoh nota pesan:

NOTA PESAN

Pengarang :

Judul :

Tahun :

Penerbit dan tempat terbit :

Sumber Dana :

Harga Satuan:

Pemesanan:

Tgl. Pesan :

Tgl. Terima:

6.2 File kwitansi penerbit.

6.3 Nota pembayaran dari bank.

6.4 Desiderata.(*lampiran2)

C. DISKRIPSI TUGAS BAGIAN PENGOLAHAN BAHAN PUSTAKA.

Kegiatan bagian pengolahan :

1. Pastikan koleksi bahan pustaka sesuai dengan pesanan. Cek judul buku, harga, jumlah dan kondisi buku)

2. Tuliskan daftar harga pada bawah buku sesuai dengan harga pesanan.

3. Berikan nomor inventaris pada masing-masing buku sesuai dengan nomor urut.

Contoh nomor inventaris:

1100449

1100498

1100547

1100596

1100645

1100694

1100743

1100792

1100450

1100499

1100548

1100597

1100646

1100695

1100744

1100793

1100451

1100500

1100549

1100598

1100647

1100696

1100745

1100794

1100452

1100501

1100550

1100599

1100648

1100697

1100746

1100795

1100453

1100502

1100551

1100600

1100649

1100698

1100747

1100796

4. Tandai koleksi dengan tiga macam stempel:

a. Stempel milik pada halaman kedua dari buku dan halaman 11, 111, 1111.

Contoh stempel:

MILIK PERPUSTAKAAN

STAIN KEDIRI


b. Stempel inventaris pada halaman kedua dari buku.

Contoh stempel:

STAIN / IX / PRPS

No. Klas :

No. Inven :

Tanggal :

Sifat : H/P/T/B

c. Stempel tahun pada atas buku.

Contoh stempel:

2011


5. Isilah stempel inventaris sesuai dengan kolom:

Nomor klasifikasi buku

Nomor inventaris buku

Tanggal pengolahan

Sifat koleksi

a. H : Hadiah

b. P : Proyek

c. T : Titipan

d. B : Beli

6. Kerjakan lembar kerja pengolahan bahan pustaka sesuai dengan koleksi bahan pustaka.(*lampiran3)

7. Salin lembar kerja pengolahan bahan pustaka kepangkalan .(*lampiran4)

8. Berikan label klasifikasi dan barcode bahan pustaka pada punggung buku 5 cm dari bawah.(*lampiran 5)

9. Penguatan buku dengan distaples 2 kali pada jilidan.

10. Penyampulan koleksi bahan pustaka.

11. Pemberian lembar pengembalian buku pada lembar akhir koleksi buku.

Contoh lembar pengembalian (*lampiran 6)

Pengolahan terbitan berseri meliputi kegiatan membuat bundel majalah/ jurnal.

1. Dimulai dari pengelompokan majalah/ jurnal sesuai dengan judul, volume, edisi dan tahun terbit.

2. Dijahit jadi satu maksimal 5-6 eksemplar.

3. Dibuatkan cover baru.

4. Penyampulan.

Perawatan koleksi, meliputi kegiatan penggantian sampul rusak dari koleksi umum, koleksi referensi, koleksi skripsi/tesis/disertasi dengan cara mengirimkan bahan pustaka yang rusak beserta formulir perawatan koleksi ke bagian pengolahan.

Contoh formulir perawatan koleksi perpustakaan:

Formulir Perawatan Koleksi Perpustakaan STAIN Kediri

No. Barcode :__________________________________________

Kerusakan 2 1__________________________________________

__________________________________________

2__________________________________________

___________________________________________

Pengiriman ke pengolahan tgl:_______________________

Batas akhir perawatan tgl:_______________________

Staf Pengirim Staff Perawatan

……………… …………………

D. DISKRIPSI TUGAS BAGIAN PELAYANAN BAHAN PUSTAKA```````````````````ga koleksi Perpustakaan.

gung buku 5 cmdari bawah.(lampi*lampiran...

Kegiatan pada bagian ini adalah sbb:

1. Administrasi:

a. Meliputi kegiatan input data anggota baru (entry gate).

b. Pembuatan kartu anggota baru. (*lampiran 7)

c. Peminjaman buku:

i. Menyerahkan kartu perpustakaan dan buku yang dipinjam.

ii. Ambil buku dan kartu setelah buku diproses dan stempel sendiri kartu pengembalian untuk mengingatkan tanggal kembali.

Tabel peminjaman koleksi perpustakaan:

Pengguna

Teks

Skripsi, Tesis**

Referensi **

Tandon **

Jml

Lama

Jml

Lama

Jml

Lama

Jml

Lama

Mhs. Aktif

2

7

-

Baca

-

Baca

-

Baca

Mhs. Skripsi

4

7

-

Baca

-

Baca

-

Baca

Munaqosah

13

2

-

Baca

-

Baca

-

Baca

Karyawan

2

7

-0senwanhf**is** koleksi perpustakaan:

lah

Baca

-

Baca

-

Baca

Dosen

4

30

-

Baca

-

Baca

-

Baca

**Koleksi tesis, skripsi, disertasi dan referensi tidak dipinjamkan untuk munaqosyah.

d. Pengurusan kartu rusak.

e. Pengembalian, cukup mengembalikan buku yang dipinjam kepada staff sirkulasi bagian pengembalian.

f. Perpanjangan, cukup mendafatr ulang buku dan menscan ulang kartu anggota di bagian staff sirkulasi bagian pengembalian.

g. Denda buku rusak/ hilang.

Tabel denda keterlambatan dan buku hilang atau rusak:

Jenis Koleksi

Denda Terlambat

Rusak/ Hilang

Buku teks mahasiswa

Rp. 200/hari/eks

Mengganti bahan pustaka yang

Buku teks dosen

Rp. 500/hari/eks

sama ditambah dengan keterlam-

Pinjam foto copy

Rp. 500/hari/eks

batan dan biaya pengolahan

Munaqasyah

Rp. 500/hari/eks

Rp. 15.000,00

h. Pengembalian tidak tepat waktu.

i. Mengadakan pameran

j. Memberikan pengumuman

k. Pembuatan laporan.

2. Foto copy: jasa ini digunakan untuk BP yang tidak dipinjamkan.

3. Koleksi umum:

a. Bimbingan pemakai.

b. Shelving buku.

c. Mencari buku rusak.

d. Kajian pemakai.

e. Penelusuran literature.

4. Koleksi referensi:

a. Penelusuran bahan referensi.

b. Input data skripsi data di kepingan CD ke pangkalan data sesuai dengan nama,prodi dan tahun.

c. Shelving skripsi, tesis ,disertasi maupun shelving di koleksi referensi.

5. Virtual library :

a. Bimbingan teknis penelusuran menggunakan basis data.

b. Penginstalan sederhana.

c. Pemberian layanan bagi mahasiswa yang ingin mengcopy data ke flasdisk maupun bagi yang membutuhkan jasa percetakan(print).

E. STATISTIK KOLEKSI

Statistik Koleksi sampai Desember 2010 sbb:

No

Klasifikasi

Uraian

Jumlah Judul

Jml.Eksp.

1.

000

Bunga rampai

249

502

2.

100

Filsafat dan psikologi

293

853

3.

200

Agama ( selain Islam)

396

706

4.

300

Ilmu Sosial, Politik, Ekonomi, Hukum Pendidikan (Umum)

1.702

4.154

5.

400

Bahasa

625

1.346

6.

500

Ilmu murni

32

79

7.

600

Administrasi manajemen

188

371

8.

700

Teknolgi dan kedokteran

8

19

9.

800

Sastra

198

412

10.

900

Sejarah dan Biografi

89

161

11.

2X0

Islam (Umum)

295

623

12.

2X1

Al-qur’an dan ilmu terkait

871

1.517

13.

2X2

Hadist da ilmu terkait

565

897

14.

2X3

Akidah dan teologi

264

527

15.

2X4

Fiqih

1.007

2.117

16.

2X5

Akhlak dan tasawuf

420

769

17.

2X6

Sosiologi dan politik islam

394

817

18.

2X7

Psikologi, filsafat, pendidikan islam

629

1.489

19.

2X8

Organisasi Islam

50

148

20.

2X9

Sejarah dan biografi islam

246

520

21.

Skripsi

1.833

1.833

22.

Tesis

64

64

23.

Jurnal/majalah/ buletin

61

240

24.

Laporan penelitian

33

33

25.

CD/ kaset/ file, dll

42

42

Jumlah

10.554

20.239

Grafik statistik nampak seperti berikut:

BAB III

MASALAH DAN PEMECAHAN

A. MASALAH

Permasalahan yang dimiliki perpustakaan STAIN Kediri :

1. Dari segi pemustaka:

a. Pemustaka tidak menscan kartu anggota perpustakaan sampai berbunyi “tit” sehingga pintu masuk tidak terbuka otomatis dan menyebabkan kerusakan karena dibuka paksa.

b. Pemustaka masih banyak yang tidak tahu cara mencari buku baik secara langsung maupun dengan bantuan OPAC.

c. Pemustaka membuamg sampah di berbagai tempat seperti di rak koleksi maupun di meja baca.

d. Terjadinya tindak pencurian di rak penitipan tas karena keteledoran pemustaka.

2. Dari segi staff :

a. Jumlah pegawai yang tidak sebanding dengan pekerjaan serta dengan jumlah koleksi yang ada.

b. Ketidaktelitian staff yang mengakibatkan adanya pemustaka yang merasa tidak meminjam BP, namun di data computer tercatat meminjam.

B. PEMECAHAN MASALAH

Dari masalah yang dikemukakan di atas, maka dapat diambil alternative pemecahan masalah sebagai berikut :

1. Dari segi pemakai :

a. Pemakai hendaknya mengikuti orientasi perpustakaan dengan maksimal sehingga mereka dapat menggunakan fasilitas perpustakaan seperti cara menscan kartu ketika masuk ke perpustakaan maupun penggunaan OPAC sehingga dapat menemukan koleksi secara cepat dan tepat.

b. Masalah sampah hendaknya adanya kesadaran dari mahasiswa akan kebersihan dan diimbangi dengan penyediaan tempat sampah di setiap sudut ruangan. Dan pemasangan tata tertib di tempat-tempat strategis.

c. Bimbingan pemakai:

1. Bimbingan langsung: secara informal dan bersifat individual maupun bimbingan formal di dalam kelas/ ruangan.

2. Bimbingan tidak langsung: penerbitan buku panduan perpustakaan, buku panduan penggunaan koleksi umum/ referensi.

2. Dari segi staff :

a. Perlu adanya penambahan pegawai di bagian:

1. Foto copy : perlu penambahan seorang pegawai agar tidak terjadi antrian.

2. Dibagian pengolahan : perlu penambahan dua orang pegawai agar tidak ada penumpukan buku untuk diolah.

3. Ruang koleksi umum dan koleksi referensi : penambahan pegawai agar shelving koleksi dilakukan cepat.

4. Ruang virtual library : penambahan seorang pegawai agar dapat memberikan bimbingan pemakai pada pemustaka yang membutuhkan.

b. Pelatihan pegawai:

1. Menambah kecakapan dalam pemilihan koleksi yang tepat.

2. Meningkatkan keterampilan dalam mengolah koleksi.

3. Meningkatkan keterampilan untuk memberikan pelayanan prima bagi pemustaka.

4. Pemberian insentif yang dapat menambah semangat dan konsentrasi pegawai dalam menjalankan tugasnya.

BAB IV

PENUTUP

A. Kesimpulan

Dari hasil praktik kerja perpustakaan yang dilakukan , maka penulis dapat menarik kesimpulan bahwa secara garis besar perpustakaan STAIN Kediri adalah perpustakaan yang yang memiliki koleksi cukup lengkap dan merupakan perpustakaan yang modern. Hal tersebut dapat dilihat dari:

1. Koleksi yang dilengkapi dengan bar-code.

2. System alarm yang dapat mencegah hilangnya koleksi.

3. Penggunaan senayan/otomasi perpustakaan yang diterapkan dapat mempermudah akses layanan.

4. Memiliki SDM yang berkompeten dibidang perpustakaan.

B. Saran

Walaupun perpustakaan STAIN Kediri termasuk perpustakaan yang maju dan modern dari segi koleksi, layanan maupun SDMnya namun penulis dapat memberikan sedikit masukan demi lebih majunya perpustakaan STAIN Kediri.

Saran penulis adalah untuk kedepannya perpustakaan STAIN Kediri agar lebih dapat mengembangkan sayap sehingga mampu menjadikan perpustakaan STAIN Kediri menjadi perpustakaan yang sejajar dengan perpustakaan perguruan tinggi yang terkemuka di Indonesia dengan memberikan pelayanan yang maksimal kepada para pemustaka baik dari kalangan sendiri maupun masyarakat umum.

DAFTAR PUSTAKA

SALEH, Abdul Rahman (2010). Materi Pokok Manajemen Perpustakaan.Jakarta: Universitas Terbuka.Cet.3; Edisi 1.

------------(2010).Buku Panduan Perpustakaan STAIN Kediri. Perpustakaan STAIN Kediri.

YULIA, Yuyu (2009). Materi Pokok Pengembangan Koleksi. Jakarta: Universitas Terbuka. Cet.6.

e-mail: perpustainkdr@yahoo.co.id

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

13 comments:

admin_blog said...

MBAK SAYA SANGAT TERTARIK DENGAN LAPORAN PKL YANG MBAK POSKAN.... JIKA DIPERBOLEHKAN SAYA MINTA DIKIRIM MELALUI EMAIL saya : denizpraz@gmail.com saya sangat membutuhkan sekali Laporan PKL tersebut, terimakasih sebelumnya

sudarsih said...

silahkan copy saja yaa...

sudarsih said...

silahkan copy saja yaa...

GEMA ARPENA said...

ASS. MBAK MITA SOF COPY NYA DONK?
EMAILKAN YAAA

Anonymous said...

nadk usah mbak

admin_blog said...

makasih mbak, laporannya sangat berguna untuk sistematika pelaporan PKP saya.

Anonymous said...

sip sip (muslih) stain

sudarsih said...

@pak muslih,makasih pak. bpk sudah liat senayan online saya di www.darsih.phpnet.us

sudarsih said...

@admin_blog; ya sama2.
buat temen2 yg sering mampir,maaf jarang tak update blognya,soalnya lg banyak tugas di sekolah hihi

goen said...

mba punya pembahasan soal-soal semester 2nya

goen said...

mba punya pembahasan soal semester 2 yg lainnya

goen said...

mba punya kumpulan soal semester 2 tdk

goen said...

ada pembahasan semseter 2 tidak mba, klw ada punten di email

Post a Comment